Hubungan Agama dengan Negera

Hubungan Agama dengan Negera
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Kewarganegaraan adalah ilmu yang membahas hubungan antara warga negaranya dengan Negara. Dan diantara sub bahasannya disini kami akan membahas sedikit tentang hubungan Negara dan Agama yang sudah atau yang sedang terjadi pada masa ini.
Banyak pendapat yang menyatakan bahwa kedudukan agama di Negara ini tidak diakui keberadaannya. Misalnya menurut sosialisme, hubungan Agama dan Negara di istilahkan sebagai hubungan yang negative. Menurut sekularisme peranan di Negara ini di batasi. Menurut Kapitalisme agama harus di pisahkan dari area kehidupan manusia. Namun ada pendapat lain yang menyatakan bahwa hubungan Agama dan Negara adalah satu kesatuan yang tidak dapat di pisahkan karena satu sama lain saling membutuhkan. Dan yang berpendapat ini adalah Aqidah Islamiyah.


1.2 Rumusan Masalah
1. Apa pengertian Negara ?
2. Apa pengertian Agama ?
3. Bagaimana Politik Islam dan Negara di Indonesia ?


1.3 Maksud dan Tujuan
Mengetahui dan mempelajari lebih lanjut mengenai Hubungan Agama dan Negara di Indonesia maupun di Negara-negara lainnya yang sudah atau yang sedang terjadi di masa kini.


1.4 Metode
Dalam penyusunan makalah ini, metode pengambilan data yang kami gunakan adalah dengan literatur yaitu memperoleh data dari buku-buku dan mengumpulkan berbagai bahan referensi dari internet.
1.5 Sistematika Penulisan

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Metode
1.4 Sistematika Penulisan
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Definisi Islam dan Negara
2.2 Politik Islam dan Negara
BAB III PENUTUP
2.3 Kesimpulan

BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Definisi Islam dan Negara
Islam dalam bahasa Arab yaitu Al-Islam. Islam adalah agama yang mengimani satu Tuhan, yaitu Allah. Dengan lebih dari satu seperempat miliar orang pengikut di seluruh dunia, menjadikan islam sebagai agama terbesar kedua di dunia setelah agama Kristen. Islam memiliki arti “penyerahan” , atau penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan.
Dari segi bahasa Islam berasal dari kata aslama yang berakar dari kata salama.  Kata islam merupakan bentuk mashdar (infinitif) dari kata aslamaini.
Ditinjau dari segi bahasanya yang di kaitkan dengan asal katanya, Islam memiliki beberapa pengertian, diantaranya adalah :
1. Berasal dari kata ‘salm’ yang berarti damai.
2. Berasal dari kata ‘aslama’ yang berarti menyerah.
3. Berasal dari kata ‘saliim’ yang berarti bersih dan suci.
4. Berasal dati kata ‘salam’ yang berarti selamat dan sejahtera.
Adapun dari segi Istilah, Islam adalah ketundukan seorang hamba kepada wahyu Ilahi yang diturunkan kepada para Nabi dan Rasul khususnya Nabi Muhammad SAW guna dijadikan pedoman hidup dan juga sebagai hukum atau aturan Allah SWT yang dapat membimbing umat manusia kejalan yang lurus, menuju kebahagiaan dunia dan akhirat.
Definisi di atas, memuat beberapa poin penting yang dilandasi dan didasari oleh ayat-ayat Al-Qur’an. Diantara poin-poinnya adalah:
1. Islam sebagai wahyu ilahi
2. Diturunkan kepada nabi dan rasul (khususnya Rasulullah SAW)
3. Sebagai pedoman hidup 
4. Mencakup hukum-hukum Allah dalam Al-Qur’an dan sunnah Rasulullah SAW
5. Membimbing manusia ke jalan yang lurus. 
6. Menuju kebahagiaan dunia dan akhirat.

Sedangkan Negara sendiri berasal dari bahasa Inggris (STATE), Bahasa belanda (STAAT), Bahasa Perancis (ETAT) yang sebenarnya kesemua kata itu berasal dari Bahasa Latin (STATUS atau STATUM) yang berarti keadaan yang tegak dan tetap atau sesuatu yang memiliki sifatsifat yang tegak dan tetap. Dimana makna luas dari kata tersebut juga bisa diartikan sebagai kedudukan persekutuan hidup manusia.
Definisi Negara adalah organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyat. Pengertian Negara lainnya yang didefinisikan adalah kelompok sosial yang menduduki wilayah atau daerah tertentu yang diorganisasi di bawah lembaga politik dan pemerintah yang efektif, mempunyai kesatuan politik, berdaulat sehingga berhak menentukan tujuan nasionalnya.
Dari definisi negara diatas, kita bisa mengetahui bahwa unsur-unsur sebuah negara adalah sebagai berikut :
1. Wilayah
Bagaimanapun unsur negara ini sangat krusial, karena sebuah negara memerlukan sebuah wilayah tempat negara tersebut berdiri.
2. Rakyat
Tanpa rakyat, negara tidak dapat berdiri
3. Pemerintaahan yang memiliki kekuasaan / kedaulatan
Unsur ini sangat penting, karena tanpa adanya pemerintaahan yang memiliki kekuasaan dan ditaati oleh rakyatnya sebuah area atau wilayah yang berpenduduk (rakyat) tidak ubahnya seperti sebuah gerombolan orang yang tidak cucup untuk disebut sebagai negara.

Definisi negara menurut beberapa ahli tersebut antara lain :
Pengertian Negara menurut Prof. Farid S.
Negara adalah Suatu wilayah merdeka yang mendapat pengakuan negara lain serta memiliki kedaulatan.
Pengertian Negara Georg Jellinek
Negara adalah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertentu.
Pengertian Negara Georg Wilhelm Friedrich Hegel
Negara merupakan organisasi kesusilaan yang muncul sebagai sintesis dari kemerdekaan individual dan kemerdekaan universal
Pengertian Negara Roelof Krannenburg
Negara adalah suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatu golongan atau bangsanya sendiri.
Pengertian Negara Roger H. Soltau
Negara adalah alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat.
Pengertian Negara Prof. R. Djokosoetono
Negara adalah suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama.
Pengertian Negara Prof. Mr. Soenarko
Negara ialah organisasi manyarakat yang mempunyai daerah tertentu, dimana kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai sebuah kedaulatan.
Pengertian Negara Aristoteles
Negara adalah perpaduan beberapa keluarga mencakupi beberapa desa, hingga pada akhirnya dapat berdiri sendiri sepenuhnya, dengan tujuan kesenangan dan kehormatan bersama.

Unduh makalah Hubungan Agama dengan Negera selengkapnya disini

Pengirim

Fb : Ita Rosita

Universitas  :  UMC

Kota/kab  :  Cirebon


0 komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin berbagi makalah,materi atau tugas kuliah lainnya silahkan disini

 
Top