Database
Database

BAB II
PEMBAHASAN

2.2  Pengertian Database
Database diartikan sekumpulan data-data yang saling berhubungan (relation),disusun menurut aturan tertentu dan logis sehinga menghasilkan informasi. 
Selain untuk mengelola dan memanggil query basisi data agar dapat disajikan dalam berbagai bentuk yang diinginkan,dibutuhkan perangkat lunak yang disebut Sistem Management Data atau juga disebut Database Management System (DBMS).
Sistem basis data adalah  suatau sistem penyusunan dan pengelolaan record record dengan menggunakan komputer, dengan tujuan untuk menyimpan atau merakam sertan memelihara data oeprasional lengkap sebuah organisasi/perusahaan sehingga mampu meyediakan informasi yang diperlukan pemakai untuk kepentingan proses pengambilan keputusan
2.2  Komponen Dasar Database (basis data)
Dalam membuat basis data harus memiliki komponen dasar agar terciptanya basisi data maka  hal yang diperhatikan adalah tersedianya:
a. Data
Refresentasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek yang direkam  dalam bentuk angka,huruf,symbol,teks,gambar,bunyi atau kombinasi.



b. Hardware
Terdiri dari semua peralatan perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengelola sistem basis data berupa peralatan penyimpanan (disk,drum,tape),peralatan input dan output atau peralatan komunikasi.
c. Software
Sebagai perantara antara pemakai dengan data fisik  pada basis data dapat berupa Database Management System (DBMS) atau program-program aplikasi dan prosedur.
d. User (pemakai) 
Terbagi menjadi 4 klasifikasi yaitu:
a. System Engineer
Tenaga ahli yang bertangung jawab atas pemasangan basis data dan juga mengadakan peningkatan dan melaporkankesalahan dari sistem tersebut kepada pihak penjual.
b. Administrator Basis Data
Tenaga ahli yang mempunyai tugas  untuk mengontrol sistem basis data secara keseluruhan, meramalkan kebutuhan akan sistem basis data,merencanakan dan mengaturnya.
c. Programmer
Membuat program aplikasi yang diperlukan oleh pemakai akhir dengan menggunakan data yang terdapat dalam sistem basis data.


d. Pemakai Akhir
Tenaga ahli yang menggunakan data untuk mengambil keputusan yang diperlukan untuk kelangsungan usaha


Unduh Makalah Database selengkapnya disini

Pengirim :

Fb  :  Wekky Ekky

Universitas  :  UMC

Kota/kab  :  Cirebon

0 komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin berbagi makalah,materi atau tugas kuliah lainnya silahkan disini

 
Top